Senin, 22 Desember 2008

Menampilkan pesan syslog secara real time tanpa tail

By Henry Saptono

Kebanyakan distro linux dikonfigurasi secara default untuk mendukung 6 virtual console(VC). VC dapat diakses dengan menggunakan kombinasi tombol CTRL-ALT F1 - F12. Dimana F1 sampai F12 merepresentasikan jumlah VC.

Pada prakteknya sejumlah VC tidak pernah digunakan untuk mengakses sistem linux, melainkan mungkin melalui sebuah VC saja. VC direpresentasikan pada sistem linux sebagai file device /dev/tty (/dev/tty0 ... /dev/tttN, dimana N adalah bilangan integer).

Virtual Console (VC) dapat kita manfaatkan bukan sekedar sebagai channel user untuk mengakses sistem linux. Namun dapat juga kita manfaatkan untuk menampilkan pesan-pesan log dari berbagai service yang ditangani oleh syslog. Sehingga harapannya kita menampilkan pesan-pesan log tersebut secara real time dan tidak perlu menggunakan tool tail untuk menampilkannya secara real time. Berikut ini bebarapa langkah agar pesan-pesan log ditampilkan ke suatu virtual console(VC):


1. Tambahkan suatu entri berikut ini kedalam file /etc/syslog.conf, untuk mengarahkan syslogd mengirimkan pesan-pesan log dari berbagai service ke suatu virtual console dari pada ke file log.
# vi /etc/syslog.conf
###*.* /var/log/messages
*.* /dev/tty6


2. Kemudian syslogd di restart. sbb:
# service syslog restart

Dan terakhir cobalah Anda akses beberapa aplikasi server (yang mensupport syslog), kemudian coba Anda akses Virtual Consoole (CTRL-ALT-F6), Anda akan melihat pesan-pesan log yang tampil real time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar